Instalasi HMVC pada Codeigniter

belum lama ini saya melamar kerja, pada saat wawancara kerja saya di tanya, “biasa pake framework apa?” saya jawab CI pak. terus ditanya lagi. “HMVC bisa ga?”. saya jawab, belum pernah sih… maka dari situlah saya mulai mencari, apasih hmvc itu? bagaimana sih cara kerjanya? dan apa keuntunganya? tapi sebelum menjelaskan itu semua. saya akan coba menjelaskan cara instalasi HMVC pada codeigniter.

oh ya sebelumnya saya akan menggunakan codeigniter versi 2.1 dan Modular Extensions – HMVC
ok udah pada tau kan instalasi codeigniter?

setelah meng ekstrak, kemudian setting config dll. setelah selesai pastikan instalasi berjalan dengan mengakses
http://localhost/ci_hmvc(diganti dengan nama directori tempat kamu instal CI)/
kalau instalasi benar akan muncul tampilan welcome

welcome
kemudian pada folder application buatlah directory baru “modules”

struktur file modules
pada file library hmvc, kita akan mendapatkan file – file berikut:hmvc_filecopy file pada folder core kedalam directory application/core
dan copy file pada folder third_party kedalam directory/third_party

pada folder modules di directory application/modules buat modul baru bernama “welcome”
dan buat folder controllers dan views seperti pada gambar dibawah ini.
modules_structurekemudian langkah terakhir pindahkan controllers application/controllers/welcome.php ke application/modules/welcome/controllers/welcome.php
dan views application/views/welcome_message.php ke application/modules/welcome/views/welcome_message.php

dan akses URL /index.php/welcome , jika tidak ada error berarti program hmvc berjalan dan siap digunakan.

Leave a comment